Kamis, 04 Februari 2010

TV problem

Toshiba : mati total.

Cek tegangan AC masuk ke bagian Diode Brigde.ada Elco 220uf/400 volt.cek tegangan di situ harus 300 volt DC.jika tegangan tidak masuk cek Fuse (3 amp.220 volt), kalau Fuse putus lagi .cek Diode Brigde itu. walaupun agak jarang tetapi pernah memperbaiki TV yang kerusakan di Bagian Diode Brigde.kalau langkah sudah benar lepaskan Dulu STR/Transistor bagian Regulator output.coba hidupkan TV harus ada tegangan 300 volt di bagian Elco 220/400 volt itu, kalau ada buang tegangan itu.caranya kontak langsung saja Positif dan Negatif.hati hati biasanya ada suara meletus itu tidak apa-apa.
Pasang kembali STR/Transistor bagian Regulator output.coba nyalakan TV kalau TV tetap ngak hidup (fuse putus lagi ) curigai bagian itu STR/Transistor Regulator.kalau tegangan masuk ke Elco 220/400 volt.dan TV tetap tidak mau menyala.lihat dengan seksama biasanya ada Resistor 220K x 2 berfungsi sebagai Driven Basis Regulator.cek Resistor itu Resistor pertama ada tegangan sekitar 65 volt dan ke dua (Driven out) sekitar 2...4 volt.kalau tegangan tidak ada Resistor di lepaskan dulu ukur apakah putus (resistor kalau putus sering tidak kelihatan, kebanyakan terbakar), dan setelah semua tegangan sudah normal di bagian driven, tetapi tetap ngak mau menyala di bagian Regulator..?, cek bagian Output Regulator itu.
Pertama di tegangan 115 volt. tegangan ini berfungsi sebagai penggerak Horisontal, ukur kaki Elco 100/160 volt apakah terpotrek/terhubung singkat..?kalau terhubung singkat coba lepaskan dulu jalur yang menuju Transistor Horisontal (biasanya ada Resistor beban), untuk mempelajari lebih mendetail yang penggeraknya memakai STR di sini: , dan untuk yang model Transistor di sini: walaupun ada perbedaan di bagian Regulator tetapi primsip kerjanya sama. setelah di lepas Resistor itu (resistor beban yang ke Horisontal) ukur kembali kaki Elco itu 100/160 volt jika normal ( tidak terhubung singkat) nyalakan TV kalau ada tegangan 115 volt, bagian Regulator sudah bekerja.Power ON.
Kedua: setelah langkah pertama di kerjakan (Regulator ON ), di teruskan ke bagian Horisontal.cek bagian Transistor Horisontal itu., caranya lepaskan dulu Transistor itu. lalu pasang kembali Resistor beban 115 volt.coba ukur kaki di bagian Kolektor Horisontal jika ada tegangan 115 volt bagian Horisontal Normal ( Fiblack ), cek Transistor Horisontal. kalau tidak ada tegangan ,curigai Capasitor di bagian Horisontal Output.2000 volt (bentuk Pipih biasanya warna merah )kalau Capasitor normal semua langkah Terakhir Fiblack sudah Kongslet.
Ketiga: bagian Horisontal sudah di ganti , Transistor dan di bagian Horisontal Output. nyalakan TV jika hidup. tegangan ke Horisontal sudah normal. ini yang agak jarang kerusakan , waktu Transistor Horisontal di pasang ada suara mendengung, gambar kiri kanan tidak penuh, kerusakan ini ada 2 macam: di bagian Fiblack dan Yoke.jika menjumpai kerusakan seperti ini pertama curigai dulu Yoke. ( biasanya ada bau terbakar) dan yang kedua Fiblack biarpun jarang tetapi pernah juga menjumpai kerusakan seperti ini.

``Oke...trima kasih mau sejenak membaca posting hari ini, kalau ada saran dan kritik kutunggu..``

Tidak ada komentar:

Posting Komentar