Kamis, 21 Januari 2010

Catatan Bengkel..




Jika melihat diagram diatas merupakan sebuah Regulator merk Golstar.memang merk itu kebanyakan cenderung kerusakan di bagian Regulator, banyak juga yang kalau kita ganti masih juga jebol,Oke akan ku jelaskan setiap fungsi -fungsi itu.

1, Start UP Voltage tapped from AC line : berungsisebagai penyulut tegangan Rendah biasanya di sini masih sinyal AC 220 volt.

2, Start UP Resistor: Berfungsi sebagai penurun tegangan ada resistor 2 biji kebanyakan nilai resistor itu 220 k (tergantung model ).tegangan Resistor itu masuk ke kaki Transistor 2SC 3852.di situ di bagian Basis ada DZ.6,8 volt. itulah yang berfungsi sebagai penyetabil tegangan.jika DZ/TR kongslet akan menaikkan tegangan ke IC STR itu.jadi kenapa kalau di ganti baru masih juga jebol IC itu,solusinya ganti dahulu DZ di perkecil lebih baik dan Transistor 2SC 3852.

Diagram di atas terdapat di TV merk Goldstar.kalau menemukan gejala TV mati total,
cek:
STR 6707
Resistor 18 ohm 15 watt
dan DZ 6,8.sama Transistor 2SC 3852

DVD.
nih gue heran juga DVD masih baru sudah..Rusak ^_^baru usia 2 minggu sudah ngak mau nyala, tetapi regulator normal. cek di IC yang memakai Socket.biasanya kaki ada 8. ganti saja itu.

LG 20`: ada suara Gemeretak Fiblack Bocor.
Tegangan tinggi bocor,sediakan Selang kecil (seukuran kabel fiblack dan besa), sama lem Dextone.caranya lepaskan dulu Kop/topi Fiblack . lalu selang (besar) di masukkan usahakan sampai ke bawah di kabel Kop itu.setelah itu, campur lem Dextone.dengan perbandingan Hitam 60 dan putih 40.aduk sampai rata.lalu di masukkan ke celah selang itu sekalian selang di pijit-pijit biar lem terus turun ke bawah..(jangan mikir Porno yah..^_^.).setelah penuh, ambil lagi selang yang ukuran sama dengan kabel Fiblack. masukkan sampai ke Lembagian atas itu. Biarkan sampai kering.(1 jam cukup ).pasang kembali Kop Fiblack.OK nyalakan TV...


ya.gitulah..kesibukan gue..Bongkar-bongkar..^_^kalau ada saran tinggalin pesan..ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar