Senin, 04 Januari 2010

TV Problem.Polytron

Polytron: mati total.

Langkah pertama: cek Fuse.dan Transisitor Regulator.jika terprotek/rusak ganti dengan yang sama.

Setelah diganti komponen itu jangan di hidupkan dahulu, Lepaskan (Tr Horisontal) lalu di ganti dengan beban lampu (bolham) 50 watt.dengan cara memasang Positif dan Negatif.di sambungkan ke lampu itu.(ada baiknya memakai tempat lampu) jika sudah siap.

Langkah kedua: cek dahulu tegangan ke Elco penyearah tegangan tinggi 300 volt ( bagian regulator ada Elco 220 uf/400 volt) apakah terpotrek.jika terprotek curigai Diode penyearah AC, ( ada 4 biji atau model brigde)coba lepaskan .lalu di tes memakai meter analog/digital, kalau semua normal.curigai juga capasitor coupling.biasanya dekat sama diode itu,jarang rusak (pernah memperbaiki TV terprotek cuma masalah Capasitor ini).kalau semua sudah normal tidak terpotrek.

Langkah ketiga : Hidupkan TV biasanya lampu akan menyala redup itu normal (teg 115 volt)biarkan sebentar untuk mengetes bagian regulator.sampai panas semakin baik. biasanya satu jam sudah cukup untukmengetes Regulator itu.cek dengan seksama bagian tegangan..

Horisontal : 115 Volt.
Progam : 12 Volt. dan
Audio : 15 volt.

biasanya di papan sudah ada petunjuk tegangan itu.usahakan harus sama.jangan terlalu besar.nanti merusak sirkuit lain (saling berhubungan)

Langkah ke empat : lepaskan Lampu itu lalu pasang kembali Transistor Horisontal.cek dengan seksama masalah perkabelan sudah terpasang dengan baik atau belum , usahakan bagian Negatif Tabung harus ke Negatif mesin.dan cek bagian Topi Fiblack. harus tertutup rapat.

ON kan TV.....^_^

bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar