Sabtu, 13 Februari 2010

Otomatis Socket 1000 watt








Daftar Komponen:

R, 1.2 :100 ohm
C,1 :100 nf
D,1....6 :1N5408 1000V 3A
D,7 :TIC225M 600V 8A ( Triac)

Sebuah trailing komersial soket untuk dimodifikasi, atau kotak yang dibuat sendiri dengan beberapa soket.


Keterangan.

Rangkaian ini terdiri dari Trailing Socket,(juga disebut Socket Extension atau Distribusi) atau perangkat di tempat yang sama dua, tiga atau lebih soket (kotak tergantung pada dimensi dan kebutuhan konstruktor) didukung hanya ketika arus mengalir pada Socket Control.Masukan / input AC

Sebagai contoh:
jika bor listrik terhubung ke Control Socket, Socket yang Switched akan terhubung dengan bor listrik yang sedang berjalan. Dalam kasus ini, sebuah lampu bisa dihubungkan ke Switched Socket dan akan menerangi ketika mata bor beroperasi.

Contoh lain:
lampu meja dapat terhubung ke Control Socket dan PC, sebuah Monitor dan Printer dapat dihubungkan ke Switched Socket dan akan berjalan setelah lampu diaktifkan. jika Mematikan lampu, semua peralatan yang disebutkan di atas akan secara otomatis dimatikan.
Aplikasi lebih lanjut adalah kontrol dari HiFi Power Amplifier di pasangkan ke Control Socket, misalnya: CD player, Tape Recorder, dan Tuner di Sockets Switched. Biasanya, trailing soket ditempatkan ke bagian belakang peralatan, sering di tempat-tempat yang tidak mudah terjangkau, sehingga, bahkan jika soket memiliki sebuah saklar, jauh lebih mudah untuk menyalakan dan mematikan HiFi dari penguat utama itu sendiri.Waktu Ampli di matikan akan mematikan Rangkaian lain
Rangkaian ini bisa di fungsikan ke komputer-monitor-printer dll,Namun penggunaan lampu meja terpasang pada Socket Kontrol utama , seperti yang dijelaskan di bawah ini.
Bahkan, sangat sensitif sirkuit ini berfungsi dengan baik ketika memiliki peralatan lengkap switch melanggar seperti lampu, latihan, sebagian besar daya amplifier, radio tua, TV tua, kipas angin, hampir semua peralatan rumah tangga listrik dan lain-lain yang dipasang di Control Socket. Hal ini karena perangkat ini memiliki tombol yang sepenuhnya tidak termasuk sirkuit internal dari induk.
Sayangnya, perangkat modern seperti komputer, monitor, CD player, radio dan TV baru-baru ini set (biasanya didukung oleh sarana internal "switching" ), saklar daya tidak sepenuhnya mengisolasi sirkuit internal dari utama, sebagai transien suppressors dan lainnya komponen tetap pada rangkaian. Ini menyebabkan arus yang sangat kecil mengalir di penginderaan sirkuit, tetapi cukup untuk memicu output Triac.
Oleh karena itu, perangkat diaktifkan akan tetap selalu aktif, tidak peduli apakah alat kontrol aktif atau nonaktif. Ini bisa juga terjadi ketika perangkat yang terhubung ke induk dengan cara di plug-in, power supply adapter digunakan sebagai peralatan kontrol, karena kurangnya fungsi saklar induk.
jadi rangkaian ini berfungsi sebagai pengaman beban Otomatis,

Cara kerjanya:

Enam buah dioda (D 1.....6) tersambung secara seri ke Control Socket. Arus yang ditarik oleh perangkat dipasang ke soket ini dimana arus mengalir melalui dioda beban awal, menyebabkan jatuh tegangan sekitar 2V. Tegangan ini, dibatasi oleh R1, drive Gerbang D7 Triac, pada gilirannya, akan beralih ke soket output.
C1 dan R2 membentuk apa yang disebut "jaringan Snubber", membantu untuk menghilangkan switching transien yang dihasilkan oleh beban induktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar