Rabu, 17 Februari 2010

Oscilloscope



Horizontal Deflection Amplifier




Blanking Circuit




CRT and Power Supply




Sweep Generator




Vertical Deflection Amplifier




Analog Switch




DC-10Mhz Amplifier




Adjustable Attenuator




Dirancang dan dibangun pada tahun 1986 blok diagram osiloskop ini menggunakan sasis non-kerja tabung hampa osiloskop, hanya menjaga tegangan tinggi asli tabung hampa CRT. Proyek konstruksi ini hanya untuk desainer yang berpengalaman, kalau Anda akan merubah dan menyesuaikan bagian dari rangkaian untuk menggerakkan semikonduktor dan merakit sendiri. Saya sarankan agar Anda tidak membangun sebuah osiloskop dari skema tersebut, melainkan, memahami prinsip-prinsip desain dengan desain yang lebih modern. Bandwidth dapat dengan mudah diperluas melampaui 100 MHz dengan menggunakan driver kecepatan tinggi dan op-amp.


Penjelasan:


Bagian Pertama: Adjustable Attenuator


Input attenuator commutating menggunakan kapasitor untuk membatasi masukan/ input kapasitansi dari FET buffer (lihat DC-10 MHz amp skematik). Yang commutating kapasitor mutlak diperlukan untuk membatalkan efek kapasitansi input untuk DC-10MHz penguat. Teori kapasitor commutating tidak akan dibahas di sini. Resistensi input 1M ohm di semua pengaturan jarak. Semua hambatan harus dipilih untuk memberikan 1M ohm pada setiap skala sensitivitas.


Bagian Kedua:DC-10Mhz Amplifier


FET input harus dipasang langsung pada adjustable attenuator saklar untuk respon frekuensi terbaik. Posisi vertikal pot, R27 dan R51, mengatur tingkat dc, tetapi tidak mempengaruhi sinyal ac.variabel mendapatkan penyesuaian dalam rangkaian ini. Tegangan keluaran berkisar dari 0 hingga minus 15 volt. Op-amp modern dari Elantec, Harris, atau Analog Devices dianggap sebagai sebuah alternatif desain untuk penguat masukan osiloskop


Bagian Ketiga: Analog Switch


Multiplexes analog beralih di antara saluran 1 dan saluran 2 di akhir penggerak. Kontrol termasuk Dual Trace / Single Trace mode, sync polaritas, tingkat sync, dan sinkronisasi di + atau -
4.016 CMOS IC analog beralih diaktifkan dari tanah dan -15 volt, meskipun tidak ditampilkan dalam skema. Para 7.820 tingkat berfungsi sebagai shifter untuk memberikan -10 volt -15 volt untuk sinyal untuk U1.


Bagian Ke empat:Vertical Deflection Amplifier


Defleksi vertikal menggunakan splitter fase 180 derajat untuk menghasilkan sinyal diferensial. CRT memerlukan dorongan besar tegangan, tapi tidak ada arus. Osiloskop bandwidth yang dibatasi, penguat elektrostatik CRT memiliki bandwidth yang meluas sampai ke beberapa ratus megahertz.


Bagian Kelima: Sweep Generator


Dioda, D13, menyediakan timing berbeda (gigi gergaji) untuk menggerak ke depan, dan dapat menelusuri kembali dengan cepat kembali lagi ke depan. Output yang dihasilkan untuk memberitahu rangkaian blanking kapan harus kosong dan kapan harus unblank . Sync input yang memicu menyediakan pulsa yang mensinkronisasikan awal ke level tegangan yang dipilih oleh pengguna. Sync input yang terus-menerus memicu retriggers sebuah 74.123 retriggerable satu-shot sehingga pin 4 dari U9 selalu tinggi. Jika disinkronisasi dipilih karena nilai sinyal input, maka satu-shot retriggerable waktu akan memungkinkan generator untuk menggerakkan tegangan swepp.


Bagian Ke enam: CRT and Power Supply


CRT membutuhkan tegangan dari dari kekuatan utama transformator. Baja gulung dingin di sekitar CRT ( YOKE ) tidak menyediakan cukup melindungi dari 60Hz medan magnet. Ada paduan nikel tertentu, seperti mu-logam, yang memberikan 100 sampai 1000 kali melindungi magnetik sebagai baja. Mu-logam dapat dibeli dalam foil yang dapat dibungkus di sekitar CRT. Sebuah desain menggunakan tegangan tinggi transformerless switching regulator (TOPSWITCH, dll) harus dipertimbangkan untuk menghilangkan tabung hampa dioda dan utama (berat) transformator dalam rangkaian ini.dalam Proyek di coba memakai Tabung CRT 14` Hitam putih.


Bagian ke Tujuh: Blanking Circuit


Blanking sirkuit harus didasarkan pada -1.200 volt. Perhatikan kapasitor, C40, C41, dan C43 yang memungkinkan gerbang yang mendorong intensitas grid dari CRT akan terisolasi dari elektronik lain dalam osiloskop.


Bagian ke Delapan: Horizontal Deflection Amplifier


Rangkaian di bawah ini memberikan tegangan drive horizontal. Suplai tegangan pada salah satu ujungnya, 135-165, dibuat variabel untuk kontrol posisi horizontal.


Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar