Rabu, 17 Februari 2010

Automatic charger circuit for 9V Nicd Battery




Automatic charger circuit for 9V Nicd Battery


Meskipun sirkuit ini terlihat cukup bagus, dan mungkin sedikit "sulit, tidak sulit untuk dipahami. Rangkaian harus dihubungkan ke tegangan DC antara 16,5 dan 17,5 volt max, jika tidak CMOS IC akan rusak. Dikarenakan tidak ingin desain catu daya terpisah untuk rangkaian ini sepenuhnya disesuaikan dengan Power Supply yang di sediakan.


Pertama menghubungkan satu "tegangan-"-9-volt baterai nikel-kadmium untuk jalur yang tepat. Kemudian menghubungkannya tegangan. Pada kapasitor 1nF dimulai dua RS flip-flop yang dibentuk oleh IC1a, IC1b, IC1c, IC1d, dan menarik pin 3 dan 10 'tinggi' dan pin 4 dan 11 'rendah'. Jam pulsa frekuensi dihasilkan oleh multivibrator IC4. IC4 frekuensi ditentukan oleh 10UF kapasitor, resistor CAP 220K dan 100K.


Clok, berfungsi, tidak menghitung IC5 namun karena pin 11 (master reset) adalah tetap tinggi. Ketika tombol "START" tombol yang ditekan, keluaran pin 4 dari IC1a naik yang diberikan tr4 terbaca oleh LED merah (D9), yang masih menyala. tegangan NiCad sekarang kosong melalui transistor dan resistor 100 ohm.
CAP 10K (kanan grafik) disesuaikan sehingga ketika tegangan baterai turun di bawah 7 volt, produksi rendah dan IC3 pergi output pin 11 dari IC1a TINGGI. HTE sementara output pin 10 dari IC1d pergi rendah dan LED merah akan padam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar